Pengertian Kebutuhan Manusia

Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus memenuhi segala macam kebutuhannya. Kebutuhan manusia ini dapat berupa barang dan jasa. Barang adalah sesuatu yang berwujud (tangible), seperti makanan, minuman, pakaian, dan perumahan. Adapun jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud (intangible), seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, dan rekreasi. Kebutuhan manusia akan barang dan jasa, dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Faktor-faktor yang memengaruhi berkembangnya kebutuhan manusia di antaranya sebagai berikut.

a. Sifat manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah mereka peroleh dan mereka miliki.

b. Adanya pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, yaitu rata-rata 2,1 juta jiwa per hari atau sekitar 65 juta orang per tahun.

c. Kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas, sedangkan sumber daya untuk menghasilkan semua barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sifatnya terbatas. Keadaan seperti inilah yang disebut kelangkaan (scarcity). Adanya keterbatasan sumber daya yang tersedia menyebabkan manusia dihadapkan pada pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif. Pilihan yang bersifat individu, misalnya Anda sebagai pelajar dihadapkan pada pilihan untuk membeli buku pelajaran atau pakaian. Adapun pilihan kolektif, misalnya membangun jembatan atau memperbaiki selokan.


Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidup.
Needs are all things that emerge naturally and are needed dearly by human beings to survive.


Kebutuhan

Kebutuhan adalah sesuatu yang perlu bagi organisme untuk hidup sehat. Kebutuhan bisa objektif dan fisik, seperti makanan, atau mereka dapat menjadi subjektif dan psikologis, seperti kebutuhan untuk harga diri. Pada tingkat sosial, kebutuhan kadang-kadang kontroversial. Memahami kebutuhan dan keinginan merupakan masalah di bidang politik, ilmu sosial, dan filsafat.

Kebutuhan Manusia Akan Pengetahuan Dipuaskan Dengan Membaca Buku

Kebutuhan Manusia Akan Pengetahuan Dipuaskan Dengan Membaca Buku


Kebutuhan Manusia

Dalam sumber daya pemasaran mengenai kebutuhan manusia, kebutuhan bagi seseorang adalah rasa kurang dengan keinginan untuk memuaskan. Misalnya, rasa haus, lapar dan dingin sensasi yang menunjukkan kebutuhan air, makanan dan panas, masing-masing.
“Kebutuhan adalah ekspresi dari apa yang hidup yang tidak terpisahkan dan diperlukan untuk konservasi dan peningkatkan kualitas hidup. Psikologi merasakan kebutuhan ini terkait dengan rasa akan kekurangan, yang berhubungan dengan upaya yang ditujukan untuk menekan kekurangan ini, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mengubahkan, atau mengurasi rasa akan kekurangan”

Keinginan adalah kebutuhan yang mengambil bentuk sebuah merek, produk atau perusahaan. Misalnya, jika Anda haus dan merasa perlu untuk hidrat, Anda ingin segelas air untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak diciptakan ada. Apa yang menciptakan atau mendorong adalah keinginan. Peran pemasaran adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, yang dapat diubah menjadi peluang bisnis, menghasilkan pemuas (produk dan / atau jasa), dan membangkitkan keinginan untuk produk-produk atau jasa, yaitu meyakinkan konsumen bahwa pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan ini adalah alat pemuas kebutuhan yang dikembangkan oleh perusahaan.

Untuk sebuah organisasi, kebutuhan adalah sesuatu yang perlu untuk memenuhi atau mencapai tujuan tertentu.

Leave a Reply