Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu sosial yang menganalisis produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Ekonomi Istilah berasal dari Yunani Kuno οἰκονομία (oikonomia, “manajemen rumah tangga, administrasi”) dari οἶκος (oikos, “rumah”) + νόμος (nomos, “kebiasaan” atau “hukum”), maka “aturan rumah (hold) ”

Fokus ekonomi adalah bagaimana agen-agen ekonomi berperilaku atau berinteraksi dan bagaimana ekonomi berfungsi. Konsisten dengan hal ini, perbedaan buku teks utama adalah antara mikroekonomi dan makroekonomi.

Ekonomi mikro meneliti perilaku elemen dasar dalam perekonomian, termasuk individu (seperti rumah tangga dan perusahaan atau sebagai pembeli dan penjual) dan pasar, dan interaksi mereka. Makroekonomi menganalisis seluruh perekonomian dan masalah mempengaruhinya, termasuk pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan moneter dan kebijakan fiskal.

Perbedaan lainnya termasuk antara ekonomi positif (yang menjelaskan “apa”) dan ilmu ekonomi normatif (advokasi “apa seharusnya”); antara teori ekonomi dan ekonomi terapan; antara ekonomi rasional dan perilaku, dan antara ekonomi arus utama (lebih “ortodoks” berurusan dengan “rasionalitas-individualisme-ekuilibrium perhubungan”) dan ekonomi heterodoks (lebih “radikal” berurusan dengan “lembaga-sejarah-struktur sosial”).

Analisis ekonomi dapat diterapkan dalam masyarakat, seperti dalam bisnis, keuangan, perawatan kesehatan, dan pemerintah, tetapi juga untuk mata pelajaran yang beragam seperti pendidikan, keluarga, hukum, politik, dan sosial budaya.

Leave a Reply